Pengeluaran Bisnis Harus by Plan, bukan by Needs

Apa yang Anda pikirkan ketika merencanakan sebuah pengeluaran untuk bisnis Anda? Apa yang mendasari Anda membuat pengeluaran tersebut? Fakta yang ditemukan Rasyidi Consultant dalam mendampingi klien lebih dari 10 tahun ternyata cukup menarik. Bahwa sebagian besar pelaku usaha mengeluarkan uang berdasarkan apa yang dibutuhkan, bukan apa yang direncanakan.

Harusnya, sesuatu yang bisnis Anda butuhkan adalah sesuatu yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Kalau dalam istilah bisnisnya biasa disebut Business Plan, atau dalam Forecast & Budgeting bisnis Anda, atau perencanaan dalam bentuk apapun itu. Artinya, Anda telah sadar penuh bahwa Anda akan melakukan pengeluaran sejumlah uang pada waktu tertentu. Anda pasti akan memastikan bahwa bisnis Anda memiliki uang pada saat yang dibutuhkan tersebut. Itu lah yang dimaksud pengeluaran by Plan.

Namun, kebanyakan pebisnis melakukan pengeluaran atas sesuatu yang belum direncanakan sebelumnya. Melihat kebutuhan yang muncul tiba – tiba di tengah jalan. Bahkan, beberapa pengeluaran sebenarnya tidak terlalu perlu untuk dikeluarkan. Hanya ego dari si pemilik bisnis untuk melakukan pengeluaran itu. Tidak melihat ketersediaan uang bisnis. Dan bahkan sering tidak melihat urgensi dari pengeluaran tersebut.

Efeknya, sering kali pemilik bisnis kebingungan ketika diakhir periode posisi kas bisnis menipis atau habis. Tidak mampu membayar sesuatu yang sudah seharusnya dibayar. Tidak mampu bayar hutang ke supplier. Atau lebih fatalnya tidak bisa bayar kebutuhan operasional seperti gaji, sewa, dan lain sebagainya.

Inilah kenapa Anda selaku pemilik bisnis mau tidak mau harus paham tentang perencanaan keuangan. Konsultasikan dengan kami jika Anda ingin memahami bagaimana membuat perencanaan keuangan bisnis.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×